dinervt harga Hati-hati, Krim Pemutih Wajah Bisa Sebabkan Kanker Kulit

Hati-hati, Krim Pemutih Wajah Bisa Sebabkan Kanker Kulit

Penyebabnya kanker kulit biasanya di ketahui karna paparan cahaya ultraviolet. Walau sebenarnya, banyak aspek lain yang dapat mengakibatkan kanker kulit. Salah nya ialah paparan bahan kimia.

Dokter Spesialis Bedah Onkologi Afrimal Syafarudin mengungkap, paparan bahan kimia pada kulit dapat datang dari kosmetik. Afrimal bercerita, ia pernah merasakan pasien yang terserang kanker kulit karna kerap menggunakan cream pemutih muka, yang nyatanya memiliki kandungan bahan kimia berbentuk karsinogenik, seperti merkuri. Karsinogenik yaitu bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker.

“Pasien aku ada yang terkena kanker karna gunakan kosmetik. Bila yang aku saksikan dari pasien-pasien aku, mereka menggunakan cream pemutih yang dua hingga tiga hari telah tampak segera putih kulitnya, ” jelas Afrimal dalam diskusi media di RSU Bunda Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Dokter Spesialis Kulit serta Kelamin Rachel Djuanda menyampaikan, dalam arti medis tak ada cream pemutih kulit, namun cream yang membuat cerah kulit. Karenanya, hati-hatilah dalam pilih kosmetik.

“Produk yang bisa memutihkan kulit dengan cara instan itu mesti diwaspadai, ” kata Rachel.

Menurut Rachel, memutihkan kulit juga dapat turunkan pertahanan kulit pada cahaya ultraviolet. Terlebih, Indonesia adalah negara tropis dengan paparan cahaya matahari yang begitu menyengat.

Kanker kulit memanglah seringkali didapati pada beberapa orang yang berkulit cerah. Australia adalah negara dengan masalah kanker kulit yang cukup tinggi dari negara lain. Di Indonesia, masalah kanker kulit tidaklah terlalu tinggi di banding negara barat, yakni sekitaran 17, 4 %.

Baca juga Harga Kosmetik, Kosmetik Wardah dan Pemutih Wajah Disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *