Screenshot_15
dinervt harga Cerdaskan Anak Dengan Membaca Buku

Cerdaskan Anak Dengan Membaca Buku

Membacakan buku narasi adalah satu diantara aktivitas yang disenangi anak-anak. Nyatanya, aktivitas itu dapat juga digunakan untuk merangsang kecerdasan anak.

Seperti disibakkan ahli kecerdasan multipel, Dr Thomas Armstrong, ada 8 type kecerdasan anak. Tiap-tiap anak dapat menonjol dalam satu atau kian lebih 8 type kecerdasan itu.

Memakai buku Dr Seuss’s Sleep Book, Thomas juga mencontohkan 8 langkah membaca buku untuk merangsang semasing kecerdasan anak itu.

” Utama untuk orang-tua merangsang semua (8 type kecerdasan anak). Bila distimulasi, anak bakal miliki peluang meningkatkan kecerdasan yang dipunyainya, ” kata Thomas dalam acara peluncuran parenting Club di Jakarta, Kamis (3/11/2016).

1. Word smart (kecerdasan linguistik)
Untuk merangsang kecerdasan linguistik anak, bacakanlah buku-buku dengan mengatakan kalimat yang pasti serta mengasyikkan. Anak jadi dapat suka pada beragam kata yang disampaikan.

2. Number smart (kecerdasan logika atau matematis)
Didalam buku narasi anak-anak umumnya dipenuhi oleh gambar-gambar menarik. Ajak anak mengkalkulasi jumlah gambar-gambar yang ada di buku. Umpamanya mengkalkulasi ada berapakah orang didalam gambar buku itu.

3. Picture smart (kecerdasan spasial)
Dengan membacakan buku narasi bergambar, orang-tua telah sekalian menstrimulasi kecerdasan spasial pada anak. Dapat lewat cara menerangkan arti dari gambar di buku itu.

4. Musik smart (kecerdasan musikal)
Membacakan buku bukanlah bermakna tak dapat merangsang kecerdasan musikal. Thomas mencontohkan, bacakanlah tiap-tiap kata sembari bersenandung.

5. Body smart (kecerdasan kinetik)
Janganlah malas-malasan waktu membacakan buku untuk anak. Kamu mesti penuh ekspresi dengan ikuti alur narasi di buku. Dapat dengan juga jara menggerak-gerakan tangan serta tubuh. Langkah tersebut dapat untuk merangsang kecerdasan kinetik anak.

6. Nature smart (kecerasan naturalis)
Anak yang mempunyai kecerdasan naturalis begitu sukai bermain di alam, seperti bermain di taman serta suka pada hewan. Sembari membacakan buku narasi, Kamu dapat bercerita bagaimana hewan juga tidur, umpamanya burung bikin sarangnya untuk tidur.

7. People smart (kecerdasan interpersonal)
Ajak anak untuk membaca buku berbarengan serta bawalah alur narasi jadi satu drama. Anak dengan kecerdasan interpersonal ini begitu sukai bermain drama atau teater boneka.

8. Self smart (kecerdasan intrapersonal)
Berkebalikan dengan kecerdasan interpersonal, anak dengan kecerdasan intrapersonal condong lebih sukai bermain sendirian.

Waktu membacakan buku Dr Seuss, orang-tua dapat sembari mengajak anak bercerita pengalamannya waktu tidur, umpamanya apakah sukai mengorok serta mimpi indah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *