Screenshot_17
dinervt news Kesiagaan Dan Keikhlasan Komunitas Golongan Darah AB

Kesiagaan Dan Keikhlasan Komunitas Golongan Darah AB

Dyah Apri Twindiarti, 41 th., aktif mendonorkan darah nya di kantor Palang Merah Indonesia yang berada di Jalan Kramat, Jakarta Pusat, mulai sejak 2009. “Saya teratur mendonorkan darah sesudah ibu aku wafat karna tumor otak, ” kata yang memiliki darah bergolongan AB itu saat dihubungi Tempo, Kamis, 20/4.

Ia menjelaskan ibunya, yang bergolongan darah A, susah memperoleh donor saat mesti melakukan operasi. Ayahnya bergolongan darah AB, sama juga dengan dianya. Sedang dua saudara kandungnya bergolongan darah B.

Mulai sejak waktu itu Dyah memikirkan, bagaimana nasibnya bila alami kesusahan yang sama. Terlebih kelompok darah AB termasuk juga langka. Sesudah sekian kali mendonorkan darah, ia juga berhimpun dengan Komune Kelompok Darah AB DKI Jakarta.

“Bukan menginginkan suatu hal. Namanya musibah dapat datang setiap saat. Bila berlangsung suatu hal dengan aku, rekan-rekan di komune dapat menolong, ” kata perempuan yang telah sembilan kali mendonorkan darahnya ini.

Ketua Komune Kelompok Darah AB DKI Jakarta, Joko Kundaryo, 53 th., menyampaikan wadah ini di bangun untuk sharing. Didapati di kantornya di lokasi Tanah Abang, Joko menyampaikan komune itu didirikan tujuh th. silam oleh Ariman, yang saat ini bertempat di Yogyakarta.

Inspirasi pembentukan komune ini nampak sesudah Ariman melihat stock darah AB kerapkali kosong saat seorang masuk ke tempat tinggal sakit. “Sekarang kami jadi donor siaga. Kapan juga diperlukan, kami datang, ” kata Joko.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *