gempa-aceh
dinervt news Listrik Padam Setelah Terjadi Gempa Aceh

Listrik Padam Setelah Terjadi Gempa Aceh

Jakarta PT PLN (Persero) masihlah lakukan pemadaman listrik di banyak wilayah Aceh, lantaran rusaknya infrastruktur kelistrikan akibat gempa dengan kemampuan 6, 4 Taraf Richter (SR), pada Rabu pagi (7/12/2016).

Direktur Usaha Regional ‎Sumatera PLN Amir Rosidin menyampaikan, ‎pemadaman listrik masihlah berlangsung di ruang Lhokseumawe Rayon Samalangan yang paling dekat dengan pusat gempa. Daya yang dipadamkan sebesar 0, 8 Mega Watt (MW). Pemadaman dikerjakan lantaran 3 tiang listrik alami patah. Sekarang ini dalam sistem pemulihan.

” Masihlah ada satu Penyulang padam di Ruang Lhokseumawe Rayon Samalanganyang paling dekat dengan pusat gempa, ” kata Amir, waktu terlibat perbincangan, dengan Liputan6. com, di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Amir meneruskan, lokasi lain yang alami pemadaman yakni Ruang Sigli Rayon Merdue. Lokasi ini paling dekat dengan tempat pusat gempa‎ serta daya yang dipadamkan 3, 3 MW, akibat robohnya 8 tiang.

” Masihlah ada dua Penyulang di Ruang Sigli Rayon Merdue (paling dekat dengan tempat Pusat gempa) sekarang ini dalam perbaikan pemulihan, ” ucap Amir.

Deputi Manajer Hukum serta Humas PLN Lokasi Aceh T. Bahrul Halid‎ menyampaikan, akibat gempa mengakibatkan kerusakan sebagian bangunan serta infrastruktur kelistrikan yang ada di lokasi itu, yakni 84 trafo distribusi. Sekarang ini butuh pemulihan selanjutnya akibat jatuh dari posisinya yang ada diatas tanah.

Kabel jaringan listrik tegangan menengah selama 500 mtr. sirkuit (ms) di Samalanga serta 25 km. sirkit (kms) di Meureudu-Beurenun juga turut alami rusaknya. Disamping itu, jaringan listrik Tegangan Menegah alami rusaknya akibat rubuh, yaitu sejumlah 48 tiang serta Tegangan Rendah sejumlah 60 tiang.

Menurut Bahrul, rusaknya yang mengganggu system kelistrikan itu mengakibatkan listrik tak tersalurkan sebesar 500 kilowatt (kW) di Samalangan serta 6 megawatt (MW) di Beureunun-Meureudu. Ruang di Samalangan, Meureudu serta Beureunun pernah alami pemadaman listrik sebentar sesudah gempa yang beresiko pada sekitaran 40 ribu pelanggan PLN.

” Tempat rusaknya itu ada di 3 titik, yaitu Samalanga, Meureudu serta Beureun, ” ‎tutup Bahrul.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *