dinervt news Trenggalek Terbitkan Buku Bung Karno Menerjemahkan Al-Quran

Trenggalek Terbitkan Buku Bung Karno Menerjemahkan Al-Quran

Wakil Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meluncurkan buku berjudul ” Bung Karno Menerjemahkan Al-Quran ” sebagai satu diantara bentuk peran pada pemecahan masalah kebangsaan.

” Buku ini menyuntikkan kembali kesadaran mengenai begitu berharganya nilai-nilai kebangsaan serta keislaman kita, ” katanya dalam siaran pers yang di terima Pada di Surabaya, Rabu, 31 Mei 2017.

Menurutnya, semuanya telah selesai dirumuskan oleh beberapa ” founding fathers ” hingga tidak ada lagi dikotomi pada Indonesia serta Islam, bahkan juga keduanya lebur dan sinergis, seperti yang tampak pada profil Bung Karno.

Gus Ipin, sapaan akrabnya, mengemukakan satu diantara tantangan serius yang tengah dihadapi sekarang ini yaitu masalah ideologi kebangsaan serta keislaman Indonesia yang dinilainya berlangsung usaha pembenturan serta dikesankan sebagai dua hal tidak sama.

Dikotomi ini, kata dia, tidak cuma tidak pas, namun bertentangan dengan filosofi lahirnya bangsa Indonesia yang lahir dari sintesa pada kebangsaan serta keislaman.

” Indonesia lahir dari perjuangan beberapa nasionalis serta tokoh Islam. Keduanya bahu-membahu membawa Indonesia terlepas dari jerat penjajahan, ” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, buku yang diterbitkan Mizan itu adalah satu diantara bentuk peran pada masalah itu diatas.

Pria pemegang rekor wakil bupati termuda itu menerangkan peluncuran buku ini dengan memakai momentum Juni sebagai ” Bulannya Bung Karno “, yakni lahir pada 6 Juni serta meninggal dunia 21 Juni.

Dalam buku itu, Gus Ipin mengupas selesai pemikiran Bung Karno mengenai keindonesiaan, tetapi karna memakai perspektif tafsir Al-Quran jadi membedakan dengan buku mengenai Bung Karno yang lain.

Disamping itu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj pada siaran pers mengemukakan buku karya Gus Ipun lahir pada saat yang pas untuk menerangkan pada rakyat Indonesia kalau azas-azas bangsa ini, terlebih Pancasila sesuai dengan pesan-pesan Al-Quran serta nilai-nilai Islam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *